Halo, teman-teman! ๐
Kali ini kita akan membahas cara sederhana untuk menggeser objek (segiempat) menggunakan OpenGL dan bahasa C++ di Code::Blocks. Teknik ini merupakan dasar dari transformasi objek dalam grafik komputer, yang sangat berguna dalam animasi maupun interaksi visual.
Apa yang Akan Kita Buat?
Kita akan menggambar dua buah segiempat berwarna biru:
-
Satu segiempat akan berada di posisi awal.
-
Segiempat kedua akan digeser ke kanan menggunakan fungsi
glTranslatef()
.
Kode Program Lengkap
Penjelasan Program
-
glRectf(x1, y1, x2, y2)
→ Menggambar segiempat dari titik(x1, y1)
ke(x2, y2)
. -
glTranslatef(x, y, z)
→ Menerapkan transformasi translasi (geser posisi).-
Nilai positif
x
→ geser ke kanan. -
Nilai negatif
x
→ geser ke kiri. -
Nilai
y
→ geser ke atas atau bawah.
-
-
glClearColor()
→ Mengatur warna latar belakang. -
glColor3f(r, g, b)
→ Mengatur warna objek. -
glFlush()
→ Menampilkan hasil render ke layar.
Eksperimen Sendiri
Kamu bisa mencoba mengubah baris berikut untuk melihat perbedaan:
Menjadi salah satu dari:
Catatan Penting
-
Fungsi
glTranslatef()
mempengaruhi semua objek setelah pemanggilan fungsi tersebut. -
Jika ingin mengatur ulang transformasi atau mencegah efek berlanjut ke objek lain, gunakan
glPushMatrix()
danglPopMatrix()
.
Penutup
Dengan memahami translasi objek menggunakan glTranslatef
, kamu sudah mengambil langkah awal dalam dunia transformasi grafik! Ini sangat penting untuk membuat objek bergerak atau berpindah tempat.
Silakan dicoba, dimodifikasi, dan dikembangkan jadi animasi atau game 2D sederhana! ๐ฎ
Komentar
Posting Komentar