OpenGL (Open Graphics Library) adalah salah satu pustaka grafis yang paling banyak digunakan untuk pemrograman grafis 2D dan 3D. Dengan OpenGL, kita dapat membuat aplikasi grafis yang mendukung tampilan visual yang sangat menarik. Pada artikel ini, kita akan membuat aplikasi grafis menggunakan OpenGL dan bahasa pemrograman C++.
Persiapan
Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah menginstal beberapa hal berikut:
- Dev C++ atau MinGW: Untuk menjalankan kode C++.
- OpenGL: Untuk menggambar grafik.
- FreeGLUT: Untuk mengelola jendela dan input dalam aplikasi OpenGL.
Langkah pertama adalah membuat program C++ sederhana menggunakan OpenGL. Berikut adalah contoh kode untuk membuat segitiga sederhana:
Kode Program C++
#include<windows.h>
#include<gl\glut.h>
// Fungsi untuk menggambar segitiga
void Display(){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Bersihkan layar
glBegin(GL_TRIANGLES); // Mulai menggambar segitiga
glColor3f(0.0, 1.0, 0.0); // Warna hijau
glVertex2d(10., 10.); // Titik pertama segitiga
glVertex2d(10., 110.); // Titik kedua segitiga
glVertex2d(150., 110.); // Titik ketiga segitiga
glEnd(); // Selesai menggambar
glFlush(); // Mengupdate tampilan
}
// Fungsi untuk mengatur ukuran jendela
void reshape(int w, int h){
glViewport(0, 0, (GLsizei)w, (GLsizei)h); // Set ukuran viewport
glMatrixMode(GL_PROJECTION); // Set mode proyeksi
glLoadIdentity(); // Reset proyeksi
gluOrtho2D(0.0, 320.0, 0.0, 240.0); // Set area tampilan
}
// Fungsi inisialisasi
void init(){
glClearColor(1.0, 0.0, 0.0, 1.0); // Warna latar belakang merah
}
// Fungsi utama program
int main(int args, char* argv[]){
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); // Inisialisasi mode tampilan
glutInitWindowSize(320, 240); // Ukuran jendela
glutCreateWindow("Windows OpenGL Pertama Saya"); // Nama jendela
init(); // Panggil fungsi inisialisasi
glutDisplayFunc(Display); // Set fungsi tampilan
glutReshapeFunc(reshape); // Set fungsi reshape
glutMainLoop(); // Masukkan dalam loop utama
}
Penjelasan Kode
-
Include Header Files:
windows.h
: Digunakan untuk menangani operasi sistem Windows.glut.h
: Digunakan untuk mengelola jendela dan input dengan OpenGL.
-
Fungsi
Display
: Fungsi ini bertanggung jawab untuk menggambar objek pada layar. Di sini, kita menggambar sebuah segitiga dengan tiga titik yang ditentukan oleh fungsiglVertex2d()
. Warna segitiga diset menggunakanglColor3f()
. -
Fungsi
reshape
: Fungsi ini dipanggil ketika ukuran jendela berubah. Di sini, kita mengatur viewport dan proyeksi 2D agar objek yang digambar tetap dalam batas yang sesuai. -
Fungsi
init
: Fungsi ini digunakan untuk menginisialisasi pengaturan awal, seperti pengaturan warna latar belakang jendela menjadi merah. -
Fungsi
main
:glutInitDisplayMode()
digunakan untuk memilih mode tampilan, seperti mode warna RGB dan satu buffer.glutCreateWindow()
digunakan untuk membuat jendela dengan ukuran tertentu dan judul "Windows OpenGL Pertama Saya".glutDisplayFunc()
digunakan untuk menetapkan fungsiDisplay
sebagai callback untuk menggambar objek.glutReshapeFunc()
digunakan untuk menetapkan fungsireshape
yang menangani perubahan ukuran jendela.glutMainLoop()
memulai loop utama, yang menjaga agar jendela tetap berjalan.
Menjalankan Program
-
Compile Kode: Setelah menulis kode di atas, simpan file dengan ekstensi
.cpp
. Lalu, kompilasi dan jalankan di IDE atau menggunakan perintah di terminal. -
Output: Program akan menampilkan jendela dengan segitiga berwarna hijau di tengah-tengah jendela berwarna merah.
Kesimpulan
Dengan menggunakan kode sederhana di atas, Anda sudah dapat membuat aplikasi grafis dasar dengan OpenGL dalam bahasa C++. Kode ini menggambar segitiga di layar dengan menggunakan fungsi-fungsi dasar OpenGL, dan Anda dapat mengembangkan lebih jauh dengan menambahkan objek atau interaksi lainnya. OpenGL adalah alat yang sangat kuat, dan artikel ini hanya mencakup dasar-dasar dari penggunaannya. Selamat mencoba!
Komentar
Posting Komentar